Apa Internet of Things (IoT)?

(IoT merupakan sebuah singkatan dari Internet of Thing. IoT bukanlah sebuah program atau benda melainkan sebuah konsep pemahaman yang sering dikaitkan dengan sebuah teknologi internet, aktifitas manusia dan sebuah data.

Intertnet of Things

Pengertian Internet of Things (IoT) menurut McKinsey Global Institute adalah sebuah teknologi yang memungkinkan kita untuk menghubungkan mesin, peralatan dan benda fisik lainnya dengan sensor jaringan dan aktuator untuk memperoleh data dan mengelola kinerjanya sendiri. Sehingga memungkinkan mesin untuk berkolaborasi dan bahkan bertindak berdsarkan informasi baru yang diperoleh secara independen.

Secara umum internet of things merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat konektivitas internet yang tersambung secara terus menerus, yang memungkinkan adanya pengendealian, komunikasi, kerja sama dengan berbagai perangkat keras, berbagi data, memvirtaulisasikan segala hal nyata kedalam bentuk internet, melalui jaringan internet atau disebut juga M2M (mechine to mechine) (Aston, 2009).

Sesuai dengan peratuan yang ditetapkan oleh Permendikbud no 37 pasa 2A tahun 2018 tentang kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD) pada jenjang sekolah dasar berbunyi “Muatan Informatika pada SD/MI digunakan sebagi alat pembelajaran dan dapat dipelajari melalui ekstrakulikuler atau pada muatan lokal.”

Manfaat Mempelejari IoT bagi anak-anak ?

  1. Mengasah keterampilan dan kreativitas siswa
  2. Mengasah kemampuan daya pikir siswa terhadap memahami sebuah instruksi
  3. Melatih dan melaraskan antara otak kanan dan otak kiri
  4. Mengenal perangkat elektronika dasar
  5. Mengenal dan memahami teknologi informasi yang sedang berkembang pada revolusi industri 4.0 agar tidak ketinggalan oleh peradaban
  6. Menambah pengetahuan siswa tentang teknologi dan informasi modern, supaya pemanfaatannya bisa lebih tepat guna
  7. Bisa membuat pembelajaran interaktif menggunakan sumber daya yang ada
  8. Bermain sambil belajar dengan menggunakan tool yang cukup mudah dan bisa digunakan secara gratis

Beberapa Project yang Bisa dibuat dalam Ektrakurikuler IoT

contoh

  1. Membuat gambar bergerak (Animasi)
  2. Belajar membedakan benda Konduktor dan Isolator
  3. Simulasi Musik Piano dari buah-buahan
  4. Simulasi Kipas Angin yang bergerak
  5. Simulasi Trafic Light
  6. Simulasi alat kapal keruk (robot arm)
  7. Simulasi pendeteksi suhu ruang
  8. Simulasi pendeteksi air hujan turun
  9. Membuat desain dan konsep game edukasi
  10. Simulasi deteksi kebakaran
  11. Membuat robot pemadam kebakaran
  12. Simulasi mengontrol lampu rumah dengan suara melalui smartphone dan google asisten
  13. Simulasi mengontrol kesuburan tanah (gardening)
  14. Dan masih banyak lainnya yang bisa dibuat sebagai project belajar

Alat dan bahan yang akan digunakan pada Ekstrakurikuler IoT

Dalam pembelajaran ektsrakurikuler IoT ini kita akan menggunakan beberapa alat dan bahan utama yaitu,

  1. Perangkat Komputer atau Laptop
  2. Mikrokontroler Arduino Uno atau Esp32 dan kelengkapannya (sesuai dengan project yang akan dibuat)
  3. Perangkat Lunak PictoBlox
  4. Buku Panduan (optional)
  5. Internet

Dalam praktiknya nanti kita akan lebih banyak menggunakan pictoblox, karena tampilannya cukup luas dan lebih banyak contoh project yang bisa dibuat.

PictoBlox

Perangkat lunak berbasiskan scratch yang dikembangkan oleh thestempedia.com untuk pembelajaran coding secara blok layaknya puzzle, sehingga membuat penggunaya merasa senang dan tidak kesulitan dalam memahami algoritma.

PictoBlox adalah aplikasi yang bisa digunakan oleh anak-anak untuk belajar coding dengan cara asyik. Pendekatan ini berfokus pada game coding ramah anak ketika mereka mempelajari berbagai konsep sambil memahami bahasa pemrograman tanpa sengaja belajar.

Salah satu fitur terbaik PictoBlox adalah antarmuka program yang diadaptasi untuk si kecil. Tiap aksi disajikan dengan warna, dan mekanisme coding game adalah menyeret blok kode ke area tertentu. Tugas ini sangat intuitif dan mudah dipahami walaupun anak tidak punya pengetahuan teknis.

pictoblox

Arduino Uno

Arduino Uno merupakan salah satu jenis produk dari keluarga arduino yang dimana pada papan elektroniknya tersebut memiliki mikrokontroler ATMega 328. Mikrokontroler arduino cukup populer digunakan, karena harganya relatif terjangkau dan banyak tutorial yang bisa didapat serta resource yang digunakan tersedia banyak di internet.

arduino uno

ESP32

Mikrokontroler ESP32 adalah sebuah chip yang berfungsi sebagai pengontrol rangkaian elektronik yang dibekali dengan perangkat Wi-Fi dan bluetooth didalamnya. Kelebihan dari ESP32 ini yaitu, memiliki inti CPU, Wi-Fi lebih cepat, lebih banyak GPIO, dan mendukung Bluetooth 4.2 dan Bluetooth rendah energi.

esp32